Ketenagakerjaan bagi kaum generasi muda merupakan prioritas utama bagi Pemerintah Indonesia, para pengusaha dan pekerja. Pemagangan yang berkualitas merupakan hal yang terpenting dalam mempersiapkan tenaga kerja muda. Sistem magang yang mengkombinasikan antara pekerjaan yang berbasis dilingkungan kantor dan pelatihan diluar pekerjaan terbukti dapat mempromosikan pembelajaran dan pembentukan keterampilan, termasuk juga dapat memfasilitasi ketenagakerjaan dengan menjalin hubungan antara dunia pendidikan dan pekerjaan. Sistem magang juga memfasilitasi industri baru yang menggunakan teknologi dan inovasi lainnya. Ini menunjukkan bahwa sistem magang dapat menyediakan sumber daya manusia yang baik untuk pertumbuhan industri.
Pemagangan merupakan pelatihan yang pada dasarnya dilaksanakan perusahaan kepada calon tenaga kerja dilokasi kerja untuk mendapatkan keterampilan dan ilmu pengetahuan sesuai dengan job description. Bagi perusahaan, tujuan pemagangan adalah untuk mendapatkan tenaga kerja yang memiliki keterampilan sesuai dengan kualifikasi yang diperlukan oleh perusahaan. Sementara itu, peserta pemagangan mengikutinya untuk mendapatkan keterampilan yang diperlukan untuk mendapatkan pekerjaan sesuai dengan keterampilan yang didapatkannya dalam pemagangan. Maka pemagangan bukan merupakan relasi pemberi kerja dan pencari kerja, namun relasi antara pencari keterampilan dengan penyedia keterampilan yang dilakukan di lingkungan pekerjaan.
Mengapa program magang itu penting?

  • Mempromosikan formasi keterampilan dan pembelajaran, memfasilitasi tenaga kerja dengan menjembatani antara dunia kerja dan dunia pendidikan.
  • Membantu perusahaan dalam pemenuhan kebutuhan tenaga kerja.
  • Menyediakan pelatihan keterampilan bagi generasi muda untuk mempersiapkan mereka dalam menghadapi dunia kerja.

Program pemagangan menjadi salah satu upaya untuk mempercepat peningkatan kualitas generasi muda dan mempersiapkan tenaga kerja yang kompeten sesuai dengan kebutuhan industri, selain itu pemagangan pun mempercepat penyerapan penggangguran untuk masuk ke dunia kerja. Sehingga program magang mampu membangun sistem pelatihan kerja dan sertifikasi profesi secara terpadu bagi pekerja Indonesia. Dan menjadi sangat penting dalam penguasaan keterampilan teknis, pemagangan juga membentuk ketrampilan non-teknis (soft-skills), dan peserta pemagangan juga memberikan suasana kerja yang mendorong terciptanya inovasi dari peserta magang atau pekerja di perusahaan yang bersangkutan.